Post

KOMPUTER DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

KOMPUTER DAN PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI

I. Definisi komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.

1. Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi infut digital, kemudianmemprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

1. menerima infut

2. memproses infut tadi sesuai dengan programnya

3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

4. menyediakan output dalam bentuk informasi

3. Sedangkan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tampa campur tangan dari manusia.

II. Bagian-bagian komputer dan fungsinya

1. Floopy Disk Drive

Merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data flopy disk (disket). Alat ini juga dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data kledalam disket.

2. CD ROM

Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)

3. CD RW

Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD (Compac Disk) juga dpat menulis dan merekam data pada CD.

4. DVD ROM

Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data baik CD atau DVD

5. DVD RW

Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam data pada CD/DVD

6. CPU

Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca dat dari peralatan infut, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output.

7. Mainboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan lain seperti : Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) seperti : VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.

8. Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapt bekerja satu dengan lainnya. Ukuran Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaitu hitungan kecepatan dalam mengelolah data / informasi

9. Memory merupakan tempat menyimpan data atau instruksi. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan akan semakin besar data atau intruksi yang dpat di tampung untuk diolah

Peralatan Output atau peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, intruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar

10. Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, intruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar.

11. Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data / informasi dari komputer dengan kertas.

12. Speaker peralatan Output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.

III. Beberapa kelebihan komputer dari pada mesin ketik biasa / manual

- Jika dulu mengetik dengan menggunakan mesin ketik, tidak biusa di edit sekarang dengan menggunakan komputer bisa.

- Dapat mengedit dan memberikan efek gambar sesuka hati

- Dapat menyimpan data

- Dapat mengirim email dalam hitungan milidetik

- Dapat melakukan pekerjaan administrasi yang jauh lebih mudah dan efisien

IV. Selayang pandang tentang manfaat computer bagi Pendidikan Anak Usia Dini

- Memungkinkan anak-anak dapat mengontrol kegiatan belajarnya sendiri dan dapat menentukan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

- Penggunaan komputer dalam aktivitas pembelajaran pada anak-anak mampu memberikan pangalaman belajar yan variatif. Hal ini di mungkinkan karena program komputer mampu menyajikan informasi dalam format multimedia dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti permainan, simulasi, dan presentasi. Komputer dengan kemampuan multimedianya mampu memperlihatkan objek yang realistik.

- Komputer dapat digunakan untuk melati kemampuan anak-anak utnuk dapat berfikir secara logis dan sistematis. Interaksi antara pengguna dengan program komputer didasarkan logika dan langkah-langkah yang runtun.

   Kumpulan Artikel Bugis !

   
   Semuanya ada disini...!
   Suka Suka
   Widget Bugis !
   
   Kumpulan widget lagu daerah dll...!
   Suka Suka
   Semoga bermanfaat...!
   Suka Suka